Wednesday, April 15, 2009

MENCETAK FOTO

Sering kita merasa kecewa karena komposisi warna hasil cetakan berbeda dengan apa yang telah kita setting. Atau mungkin sebagian gambar foto terpotong karena ukuran, proporsi atau skala gambar tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, ada hal-hal penting untuk diperhatikan sebelum kita mencetak foto.

Persiapan cetak foto merupakan tahap terakhir setelah kita menyeleseikan proses tahapan editing pada suatu gambar foto. Namun sebelumnya perlu dipertimbangkan pula media penyimpanan yang hendak digunakan agar setiap saat kita membutuhkan, file tersebut tersedia dan mudah untuk dicari. Dokumentasi dapat dikategorikan dalam dua media, yaitu :

· Soft copy, yaitu dokumentasi dalam bentuk file yang disimpan didalam harddisk, CD, DVD, Flash Disk, atau media penyimpanan lainnya.

· Hardcopy, yaitu dokumentasi dalam bentuk media kertas dengan berbagai pilihan kualitas, mulai dari kertas HVS hinga kertas foto.

Didalam dokumentasi berupa hardcopy, kita perlu memperhatikan dan menyesuaikan setting warna tampilan monitor dengan mesin cetak yang akan kita gunakan. Biasanya setting mode yang digunakan untuk keduanya adalah RGB ( Red-Green-Blue ).