Wednesday, April 15, 2009

KESALAHPAHAMAN EDITING FOTO


Istilah editing foto dapat diartikan sebagai proses menambah (add), mengganti (replace), atau mengurangi/menghapus (del) komponen dalam sebuah foto. Anda dapat saja menambahkan efek teks, cahaya, mengganti warna kulit, menggabungkan lebih dari satu foto, bahkan menghapus objek-objek yang dianggap mengganggu.

Dalam dunia fotografi sering kita dengar istilah foto animasi. Foto dikatakan animasi jika foto telah diberi efek dan objek-objek tambahan. Hal ini adalah kesalahpahaman pertama dalam dunia fotografi. Arti kata animasi adalah objek berupa gambar yang disusun berdasarkan urutan tertentu dan yang digerakkan dalam satuan waktu. Padahal, sebuah foto yang tidak ditata sedemikian rupa dan digerakkan tetap hanyalah sebuah foto dan bukan animasi. Istilah yang lebih tepat bagi foto-foto yang telah diberi efek adalah foto editan atau foto manipulasi.

Kesalahpahaman penggunaan istilah yang kedua adalah arti kata foto dokumentasi. Foto dokumentasi identik dengan foto yang diambil dengan mengikuti urutan prosesi tertentu, misalnya pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan sebagainya. Padahal segala bentuk foto yang telah diambil dapat dikatakan sebagai dokumentasi. Dokumentasi dapat diartikan sebagai segala bentuk media untuk mengabadikan atau mengarsip sesuatu (dalam hal ini adalah foto). Jadi segala jenis momen foto yang diambil (termasuk pas foto, prosesi, candid, close up, dan sebagainya) adalah bentuk dokumentasi.